Kendati belum resmi memberlakukan uang muka (down payment/DP),
pemesanan Suzuki Ertiga telah mencapai 2.000 unit. Melalui website
www.suzuki.co.id, calon pembeli rela mengeluarkan kocek Rp. 5 juta untuk
mendaftar sekaligus mendapatkan nomor antrian (inden) Suzuki Ertiga.
"Angkanya
bukan berasal dari dealer, mereka mendaftar di website suzuki.co.id,
padahal kami belum menerima uang muka. Yang sudah inden sekitar 2.000,
padahal barangnya belum dilihat mereka. Paling banyak yang inden berasal
dari seputaran Jabodetabek," ungkap Edi Darmawan, Head Of 4W Marketing
PT Suzuki Indomobil Sales, di sela-sela acara penyerahan hadiah utama
Suzuki APV kepada pemenang program Suzuki - McDonald's Deliveri Service,
di McDonald Kemang, Jakarta selatan, Selasa (27/3).
Edi
memperkirakan hingga menjelang peluncurannya tanggal 22 April mendatang
di Studio Trans TV pemesanan akan terus mengalir. "Saya rasa angkanya
bisa bertambah dari yang sekarang, tapi saya tidak bisa memprediksi
berapa banyak, lihat nantilah," tandas Edi.
Kehadiran Suzuki Ertiga sebagai pesaing Toyota Avanza dan Xenia, diperkirakan akan
mengubah
peta pasar mini MPV (multi purpose vehicle) tahun ini, yang didominasi
Avanza. Namun Suzuki tidak mau memasang target muluk-muluk, mendahului
respon pasar.
"Saya belum bisa mengatakan perubahan, setelah produknya ada dan dijual resmi baru kita bisa tahu," ujarnya.
Edi
membocorkan, Ertiga yang bakal meluncur tanggal 22 April mendatang
hadir dalam tiga varian dengan variasi harga mulai dari Rp 145 juta, Rp
156 juta dan Rp 165 juta.