Halaman

Selasa, 23 April 2013

Sudah sesuaikah AC Mobil anda?

Indonesia merupakan wilayah beriklim tropis dengan tingkat kepanasan yang cukup tinggi di musim panas. Banyak produsen Mobil mengakomodir kebutuhan akan dinginnya dalam berkendara di Musim Panas dengan menambahkan AC Double Blower sehingga pendinginan di dalam kabin mobil lebih cepat merata. 

Seberapa nyamankah AC Double Blower Mobil anda?

SUMBER dr Bp. Richer (PT SIS)
Perbandingan A/C Belakang Ertiga dengan A/C belakang Kompetitor]
Daya Dorong Aliran Udara (volume) A/C Belakang  unit (pada 12 Volt)
   - Ertiga:205 Meter Kubik / Jam
   - AVANZA:120 Meter Kubik / Jam

Air-conditioning performance A/C Belakang
   - Ertiga:1.4 kilo watt
   - AVANZA:0.82 kilo watt

Kompressor
   - Ertiga:125 cc/rev (DENSO:10SA13)
   - AVANZA:125 cc/rev (DENSO:10SA13)
   - AVANZASebelumnya :117 cc/rev (DENSO:10S11)

[Additional Comment]
Sebagai informasi, dalam beberapa saat Honda Freed akan segera meluncurkan model dengan Double Blower, Tetapi unit A/C tersebut serupa dengan A/C Belakang milik AVANZA.
Sementara itu, A/C belakang ERTIGA setelah di investigasi penggunaannya untuk medan seperti di India, sehingga sangat berbeda dan lebih baik dari A/C Belakang AVANZA.

Sebagai tambahan, Toyota engineering team sudah menanyakan kepada pihak DENSO “mengapa A/C Belakang ERTIGA sangat sunyi walaupun digunakan dengan kemampuan yang tinggi?”, berarti Toyota benar-benar takut terhadap momentum Suzuki ERTIGA di Indonesia, dan mereka sudah mengetahui ERTIGA dipasang dengan A/C belakang yang berkemampuan tinggi.

lanjutannya, Kompressor A/C belakang AVANZA yang sekarang sudah di up-graded dari yang terpasang pada AVANZA sebelumnya, tetapi kemampuan dan daya dorong (volume) dari ERTIGA dan AVANZA sangat jauh berbeda!!! (hamper dua kali lipatnya)