Halaman

Minggu, 21 April 2013

Suzuki genjot Produksi Ertiga hingga 8.000 unit perbulan

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berencana meningkatkan kapasitas produksi Suzuki Ertiga dari sekitar 5.000 unit perbulan menjadi 8.000 unit. Recana tersebut sejalan dengan investasi pabrik baru seluas 135 hektar di Karawang, Jawa Barat, luasnya 4 kali lipat dibandingkan pabrik yang sekarang.

Dengan pembangunan pabrik baru yang menelan biaya sekitar Rp. 8 triliun tersebut diharapkan bisa meningkatkan produksi Ertiga. Saat ini kandungan komponen lokal pada Ertiga sudah 60 persen, dan dengan pabrik barunya nanti akan mencapai 80 persen.

Diharapkan peningkatan kandungan lokal tersebut dapat melibatkan lebih banyak industri komponen dalam negeri, sehingga dapat menekan harga.

Menurut Endro Nugroho, Marketing & Dealer Network Development Director SIS R4, nantinya pabrik di Karawang tersebut tidak hanya dimaksudkan untuk menaikkan volume Ertiga, namun produksi model Suzuki yang lain seperti pick up dan APV.

"Pabrik baru nanti bukan hanya dimaksudkan memproduksi Ertiga saja, tapi yang lain juga seperti Suzuki APV, dan jenis pick up," tandas Endro.

Hingga saat ini Suzuki kebanjiran order Ertiga yang menembus 20 ribu unit lebih. Dari jumlah tersebut baru baru 8.000-an unit yang sudah dikirim ke konsumen.

Suzuki sendiri sudah membuka keran pemesanan sejak 10 Febaruari lalu, sementara unitnya baru resmi diluncurkan 22 April 2012. Di setiap daerah tingkat inden Ertiga berbeda-beda. Misalnya untuk wilayah Jabodetabek, inden Ertiga tipe GX dan GL sampai November 2012, sedangkan untuk Denpasar - Bali bulan September. Sementara di Surabaya, dari jumlah inden sekitar 2.200 unit baru mulai terkirim bulan Desember