Suzuki Ertiga: si irit bertenaga besar!
Sumber: otosia.com
Jumat, 16 November 2012 08:14:00
Tampil lebih komplit dan percaya diri, Suzuki
Ertiga memberikan gebrakan di segmen low MPV yang pasarnya gemuk, dan
mencoba menggerus dominasi dua model kembar milik Astra Group, yakni
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Tak hanya unggul di sisi kelengkapan
fitur dan peranti keselamatan, MPV (multi purpose vehicle) dengan 3
deret kursi ini kian komplit dengan dukungan desain eksterior yang
anggun, stylish, dan diklaim hemat bahan bakar.
Ruang kabin Ertiga
tak hanya bisa memuat 3-baris kursi penumpang yang serba guna tetapi
juga memiliki tata letak (layout) yang didesain nyaman bagi semua
penumpang di setiap barisnya. Khusus pada kursi baris ketiga, yang pada
umumnya kendaraan cenderung sempit, maka bagian belakang lebih lega
sehingga orang dewasa pun bisa duduk nyaman di bangku deret ketiga.
Ertiga
dibekali mesin bensin berkode K14B berkapasitas 1.4-liter DOHC dengan
torsi penuh yang compact dan ringan, serta berteknologi VVT yang
menghasilkan pembakaran sempurna (Air Intake VVT Mechanism). Mesin
bensin ini baru dikembangkan untuk mengeluarkan daya yang mumpuni dengan
tenaga maksimum 70kW pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 130 Nm/4.000
rpm, yang membuat Suzuki Ertiga tetap bertenaga, irit bahan bakar dan
memiliki akselerasi prima, meski dengan muatan penuh.
Air intake
yang dilengkapi dengan proses dan mekanisme VVT yang mengontrol Valve
Timing secara optimal dan mengurangi gesekan (friction), sehingga
meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Menurut hasil tes internal
Suzuki, efisiensi BBM Ertiga mencapai 16,3 km/liter. Pengaplikasian
teknologi drive-by-Wire, sistem operasi pada pedal gas telah menggunakan
sensor elektronik, sehingga konsumsi bbm bisa lebih efisien.
Sementara
tata letak Front Wheel Drive/ FF (FF Layout) memastikan stabilitas
berkendara dan hemat konsumsi bahan bakar. Karena letak mesin Ertiga
berada di bagian depan dan menggunakan sistem front wheel drive, maka
jumlah komponen perangkat transmisi dan penggerak yang digunakan pun
menjadi lebih sedikit, berat kendaraan menjadi lebih ringan, menekan
energy loss dari transmisi dan berkontribusi pada peningkatan efisiensi
konsumsi bahan bakar.
Ertiga mengaplikasi diameter stabilizer
joint pipe pada suspensi depan (MacPherson Struts with coil springs)
besar guna memastikan mobil tetap dapat dikendalikan dengan mudah,
menjamin durabilitas dan rigiditas yang baik saat dikendarai meskipun
ditumpangi oleh banyak orang.
Penggunaan baja bertekanan tinggi
(high tensile steel) pada posisi-posisi tertentu dilakukan untuk
mengoptimalisasi material dan struktur penguatan. Rigiditas Body dan
berat kendaraan yang semakin ringan karena pengurangan penggunaan
komponen yang tidak diperlukan, menjamin stabilitas berkendara pada saat
berat kendaraan bertambah dikarenakan kendaraan dipenuhi oleh penumpang
dan barang bawaan.
Konstruksi yang kuat menjamin keamanan bagi
penumpangnya. Meski berharga kompetitif, bukan berati model ini minim
fitur keamanan penumpang dan berkesan murahan. Ertiga sudah mengadopsi
beberapa peranti keselamatan penting. Body Ertiga memiliki tingkat
rigiditas/kekerasan yang tinggi karena menggunakan High Tensile Steel
pada rangka utama (main frame)-nya.
Anak-anak pun kini bisa
bermain dengan bebas dalam ruangan kabin, tanpa perlu khawatir pintu
akan terbuka tanpa sengaja. Hal itu dikarenakan fitur child door lock
demi melindungi sang buah hati.
Selain itu, pada masing-masing
pintu juga dilengkapi dengan Side Door Impact Beam yang berfungsi untuk
menahan penumpang saat terjadi benturan keras dari arah samping. Khusus
tipe GX, sudah dilengkapi dengan airbags untuk mengamankan pengemudi dan
penumpang di kursi depan serta ABS + EBD.
Lantas bagaimana dengan
ancaman pencurian mobil saat diparkir? Beberapa fitur keamanan bisa
mengantisipasi pencurian mobil, seperti Keyless Entry, yakni tombol
alarm yang menyatu dengan kunci kendaraan; dan Immobilizer yang
berfungsi untuk mencegah pencurian kendaraan dengan kunci yang tidak
dapat diduplikasi.